Minggu, 09 Oktober 2011

Selamat Datang di SMAN 2 WONOSARI

Pada tanggal 7 Juni 2011, SMAN 2 Wonosari menerima penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup, yang disampaikan oleh Presiden RI sebagai "Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional Tahun 2011". Penghargaan ini diterima oleh Drs. Widarno, M.M selaku kepala SMAN 2 Wonosari. 

Prestasi ini tidak serta merta diperoleh, tetapi dengan perjuangan panjang melalui tahapan-tahapan. Setiap tahun SMAN 2 Wonosari selalu dikunjungi dan dinilai oleh Tim Adiwiyata Nasional. Dimulai dari penetapan SMAN 2 Wonosari sebagai Sekolah Calon Adiwiyata pada tahun 2008. Pada tahun 2009 SMAN 2 Wonosari meraih Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun Pertama. Pada tahun 2010 SMAN 2 Wonosari ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun Kedua.

        Program-program SMAN 2 Wonosari menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional:

  1. Membuat kebijakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan
  2. Menyusun dokumen kebijakan pengembangan kurikulum berbasis lingkungan antara lain memasukkan Pendidikan Lingkungan Hidup ke dalam kurikulum sekolah
  3. Pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, dalam hal ini sekolah memprakarsai kegiatan peduli lingkungan yang melibatkan pihak luar dan turut serta secara aktif mengikuti kegiatan lingkungan yang diprakarsai dan diadakan oleh pihak luar.Kegiatan tersebut antara lain diwujudkan dengan ekstrakurikuler dan intrakurikuler. Selain itu SMAN 2 Wonosari juga menjalin kerjasama dengan pihak lain seperti BLH Propinsi DIY, Kapedal Kabupaten, Dinas Kehutanan, Puskesmas Wonosari, Pemerintahan desa Kepek, Dusun Pule Ireng desa sidoharjo, dll.
  4. Mengelola dan mengembangkan sarana prasarana sekolah yang mendukung terwujudnya budaya lingkungan bagi warga sekolah, antara lain perawatan sarana sekolah, pengelolaan sampah, pelayanan kantin sehat, penghematan SDA, pemanfaatan sarana prasarana untuk pendidikan lingkungan hidup

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum...

    Ini blog SMADA milik sekolah atau OSIS?
    Terima kasih..


    Dalili, Alumni lulusan 2010

    BalasHapus
  2. Berapa nilai nem terendah untuk masuk ke SMAN 2 wonosari?

    BalasHapus